Autograf Pangdam Diponegoro, Representasi Kemanunggalan TNI-Rakyat

WARTAKEPRI.CO.ID : BATANG – Dalam Penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 Kodim 0736 Batang, di Desa Durenombo Kecamatan Subah, Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Wuryanto juga berkenan menandatangani plakat Prasasti TMMD untuk menggantikan yang lama.

Autograf Pangdam, selanjutnya akan dipahat dan dipasang di badan Piagam atau Prasasti TMMD yang letaknya di depan rumah Gemek Susanto (29) Dusun/Desa Durenombo Rt. 3 Rw. 2, satu dari lima warga yang menerima bedah rumah. Atau juga terletak di titik nol jalan TMMD yang dibangun sepanjang 2.359 meter dan lebar 3 meter, penghubung antar dusun, desa dan kecamatan tetangga Durenombo.

Plakat yang terbuat dari marmer itu, simbolisasi dari pimpinan TNI Angkatan Darat/Kasad, Jenderal TNI Mulyono, meresmikan hasil-hasil pembangunan di Durenombo melalui Mayjen Wuryanto. Juga merepresentasikan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh TNI dalam membantu pemerintah daerah meratakan sarana umum di daerah tertinggal dan terpelosok, dilakukan lintas sektoral dan segenap komponen masyarakat yang dikemas dalam TMMD Reguler 103 Batang.

Tanda nyata bahwa TNI telah manunggal dengan rakyat, diharapkan jika masyarakat melihat bangun ini saat akan melintasi jalan, mereka akan terkenang bahwa mereka juga ikut membangun akses tersebut bersama gabungan Satgas TMMD selama satu bulan penuh dan ditambah 13 hari sejak awal Pra TMMD. Jadi bukan untuk hiasan saja, namun akan menjadi ukiran sejarah bahwa TMMD Reguler 103 telah menyentuh masyarakat Durenombo sebagai objek pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan, melalui Non Fisik TMMD berupa sosialisasi, penyuluhan maupun pelatihan. (Aan)